Kidsoutbond Virtual Camp Pelajar Pancasila

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Profil Pelajar Pancasila - Direktorat Sekolah Dasar

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.

Berkebinekaan global

Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.

Bergotong royong

Pelajar Indonesia memiliki kemampuan bergotong-royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan.

Mandiri

Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.

Bernalar Kritis

Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya.

Apa itu ? Virtual Camp Pelajar Pancasila

Pembelajaran virtual merupakan model belajar yang harus diadaptasi sekarang. Pendidikan berbasis teknologi saat ini sudah tidak bisa dielakkan lagi. Kekhawatiran guru dan orangtua akan pengaruh negatif dari penggunaan teknologi di ruang kelas menjadi tidak relevan. Yang menjadi tantangan bersama adalah apa strategi dan model pembelajaran berbasis teknologi terbaik yang dapat memberikan pengalaman belajar berharga bagi para siswa.

Virtual camp Pelajaran Pancasila merupakan aktivitas yang menyenagkan bagi siswa-siswi SD Labschool Cibubur yang bertujuan untuk menghasilkan profil Pelajar Pancasila dan nilai iman, ilmu dan amal melalui serangkaian kegiatan secara virtual dari rumah masing-masing.

Tujuan

Memperkuat karakter siswa-siswi SD Labschool Cibubur sesuai nilai Iman Ilmu Amal
Menumbuhkan kecintaan akan Pancasila dan mengamalkan nilai Pancasila sejak dini
Mewujudkan profil pelajar Pancasila yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif

Ragam Aktivitas Virtual Camp Pelajar Pancasila

Sharing Session dengan Tokoh Inspiratif

Sharing session kegiatan untuk memotivasi anak dari tokoh inspiratif langsung dengan tujuan membekali anak tentang karakter yang unggul dengan Bapak Aris Ahmad Jaya – Motivator

Bertemu Virtual Sahabat dari berbagai Pelosok Indonesia

Pertemuan virtual dengan sahabat-sahabat siswa sekolah dan guru dari berbagai daerah di Indonesia seperti Papua, NTT, NTB, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, Sumatera, Aceh dll. Tujuan memupuk nasionalisme, kecintaan terhadap bangsa dan negara dengan belajar langsung dari cerita budaya dll dari daerah tersebut. Dan menumbuhkan pelajar Pancasila beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar, kritis, dan kreatif. Dilakukan dengan media zoom, interaktif seperti talk show dan ada interaksi antara siswa SD Labschool dengan dengan anak-anak di berbagai daerah.

Writing Camp – Menulis Cerita Inspiratif selama Pandemic Covid19 dan dibukukan

Siswa-siswa SD Labschool Cibubur dibekali tentang kepenulisan, kemudian setiap peserta membuat cerita kegiatan inspiratif selama pandemic covid19 dirumah masing-masing atau di lingkungannya. Setiap anak menulis satu lembar ukuran A5 disertai photo kegiatannya. Jumlah siswa kelas 4, 5 ,6 adalah 127, harapannya dalam satu buku ada 127 halaman.

Virtual Outbound

Kegiatan yang didesain dengan menyenangkan yang dilakukan dari rumah masing-masing untuk memupuk kepemimpinan, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *