Siswa Siswi SMA Labschool Cibubur mengobarkan Api Kemenangan di World Young Inventors Exhibition (WYIE) 2019

Untuk pertama kali  mengikuti World Young Inventors Exhibition (WYIE) tidak membuat gentar para siswa siswi. Setelah melewati masa penelitian yang sangat Panjang, dan melelahkan selama 3 bulan kini semua telah terbayarkan  dengan prestasi yang diraih. Dalam acara tersebut, Penelitian siswa siswi SMA Labschool Cibubur meraih sejumlah juara yaitu;

  • INTERNATIONAL BEST INVENTION AWARD

Utilizing Magnetic Propeller and Electric Paste as Electrical Energy Source

  • WYIE 2019 GOLD MEDAL

Utilizing Magnetic Propeller and Electric Paste as Electrical  Energy Source

  • WYIE 2019 GOLD MEDAL

Development of Games and Weblog-based Android App. as a Teaching Media in PhysicsClass

  • WYIE 2019 GOLD MEDAL

Utilizing Corncobs To Be Eco-Friendly Bio-Asphalt

  • WYIE 2019 SILVER MEDAL

Manufacture of Biodegradable Plastic from Rice Waste and Shrimp Chitosan

World Young Inventors Exhibition (WYIE) 2019 ini diikuti oleh 12 negara. Tujuan Exhibition ini untuk mendorong keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan tujuan untuk memaparkan siswa muda pada lanskap inovatif di dunia nyata, serta mendorong calon inovator untuk memulai dari usia muda. Siswa siswi SMA Labschool Cibubur pun menunjukan kemampuannya dengan penelitian yang luar biasa.

Penelitian pertama, Manufacture of Biodegradable Plastic from Rice Waste and Shrimp Chitosan. Plastik biodegradable ini adalah plastik ramah lingkunganyangterbuat dari limbah beras Di mana dapat dengan mudah ditemukan dari kehidupan sehari-hari kita saat kita tinggal di negara Asia dan memiliki beras sebagai makanan pokok kita. Plastik biodegradable ini  seperti plastik sintetis yang digunakan orang dalam kesehariannya saat ini. Tekstur plastik ini lembut dan agak meregang ketika Anda menariknya. Ketika plastik ini diletakkan di atas air mendidih panas itu akan meringkuk dan ketika diaduk perlahan-lahan akan larut ke air. Inovasi ini diprakasai oleh TARISYA PERMATA PUTRI, NAURA AZALIA, IDA AYU TISHYA MAHARANI PUTRI, PUTERI TRICAHYA UTAMI.

Penelitian kedua, Utilizing Magnetic Propeller and Electric Paste as Electrical Energy Source. Baling-baling  T ia akan didorong oleh pelat magnet yang menghasilkan arus listrik yang akan diterbangkan ke pasta listrik untuk menghasilkan listrik. Magnet akan ditempatkan di masing-masing baling-baling untuk menciptakan gerakan ketika magnet dekat, gerakan itu sendiri akan menyalakan generator untuk menghasilkan listrik. Pasta konduktif akan menghubungkan generator dan lampu sebagai media pengiriman agar listrik dapat berjalan. Listrik yang dihasilkannya ini cukup tinggi untuk menyalakan lampu LED. Inovasi ini diprakasai oleh FEIVEL PASHA TASSNO, FHARAH RIZKY, ZAHRA NUR ANISAH, dan SHAKIRA MAHARANI.

Penelitian ketiga, Development of Games and Weblog-based Android App. as a Teaching Media in Physics. Eteoria.com adalah situs web e-learning dan berbasis android, yang menyediakan teknik belajar yang efektif dengan “Teknik Pomodoro.” Produk kami juga menyediakan topik fisika tentang ringkasan Energi, latihan, dan permainan yang tidak hanya dapat menghibur kita tetapi juga untuk meningkatkan dan menyegarkan otak kita. Eteoria.com dibangun dengan HTML, CSS, Adobe Flash, dan database. Inovasi ini diprakasai oleh DANU PRATAMA WIJANARKO, RIFAL DIPTA, PUTU GIAN PRATISTUTHA, dan ADIRSYAH ZAKKY KAMIL.

Penenelitian keempat, Utilizing Corncobs To Be Eco-Friendly Bio-Asphalt. Corncob adalah limbah organik  pertanian yang mengandung persentase selulosa dan hemicellulose yang cukup besar, sehingga sangat potensial untuk digunakan sebagai selulosa asam asetat jenis-biopolimer. Dengan proses ini, asam laktat poli dapat diproduksi yang kemudian akan digunakan sebagai bahan utama dalam membuat aspal. Proses pembuatan Poly Lactic Acid memiliki lima proses urutan utama, yaitu: ekstraksi pati, hidrolisis pati hingga glukosa, fermentasi asam laktat, esterifikasi, dan pembentukan polimer, serta pembuatan aspal, kemudian pembentukan dan pencetakan. Inovasi pemanfaatan corncob untuk pembuatan aspal ini diprakasai oleh  Dzakwan Taufiqqurrahman,    Anindya Prabaningrum Tantoro,  dan Illona Novira Elthania.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Visi & Misi Labschool Cibubur INFO
Visi Labschool Cibubur merupakan sekolah yang mempersiapkan calon pemimpin masa depan yang berkompeten dan berintegritas tinggi.
SEE MORE
Tags
Contact Info
SMA Labschool Cibubur
  • Jl. Raya Hankam Kampus Labschool No. 15-20 Jatiranggon, Jati Sampurna, Bekasi - Jawa Barat 17432
  • 021-84304138
  • Fax. 021-84304236
  • smalabschoolcibubur@yahoo.com