PENERAPAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL PHET PADA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP LABSCHOOL CIBUBUR TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Okta Harti Setiari, S.Pd.
Program Studi IPA PPG UPI Daljab Angkatan 1 Tahun 2020
Jl. Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154 Jawa Barat-Indonesia. oktaharti@gmail.com

ABSTRACT

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Listrik Dinamis melalui penggunaan laboratorium virtual PhET. 2) Penelitian ini dilaksanakan di SMP Labschool Cibubur pada Oktober-November 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Tes Formatif 1 sampai 3 dan LKPD lengkap dengan rubrik penilaiannya. Hasil penelitian mengungkapkan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning yang diperkuat dengan aplikasi laboratorium virtual PhET pada pembelajaran. Keberhasilannya terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa pada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada aspek sikap, dilihat dari keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengajukan pendapat. Aspek
keterampilan siswa menggunakan PhET sesuai panduan LKPD. Keterampilan siswa pada siklus I mencapai 87,2, siklus II menjadi 85,1, dan 88,5 pada siklus III. Pada aspek pengetahuan, nilai siswa setelah mengerjakan Tes Formatif juga meningkat, siklus I diperoleh 90,1, siklus II menjadi 80,9, dan 87,3 di siklus III.

Kata Kunci: laboratorium virtual PhET, hasil belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *