UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PLATFORM ZOOM FITUR BREAKOUT ROOM DI KELAS VII-A SMP LABSCHOOL CIBUBUR

Annisa Purnamasari

Program Studi Pendidikan Matematika PPG UNJ

Jl. Pemuda, Jakarta-13220, annisapurnamasari1210@gmail.com

ABSTRACT

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning  dengan platform Zoom fitur Breakout room. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Labschool CIbubur Kelas VII-A pada Oktober-November 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis, dan lembar kerja siswa. Hasil penelitian mengungkapkan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning  dengan platform Zoom fitur Breakout room dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal itu terlihat dari hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I, nilai rata-rata kelas VII-A memiliki nilai 76,3, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 83,5 dan Ketika siklus III sudah naik menjadi 85,7.

Kata Kunci: pembelajaran problem based learning, berpikir kritis, zoom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *